Setelah Mie Sedaap dilarang di beberapa negara, Kementerian Perindustrian memastikan semua produk makanan mematuhi aturan. -->

Iklan

Setelah Mie Sedaap dilarang di beberapa negara, Kementerian Perindustrian memastikan semua produk makanan mematuhi aturan.

Kamis, Oktober 20, 2022
featured image

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, produk mi instan Wings Group Indonesia ditarik dari pasar di Hong Kong, Taiwan, dan Singapura, karena disebut-sebut mengandung senyawa etilen oksida.

Kementerian Perindustrian menekankan bahwa setiap produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh industri dalam negeri mengikuti standar pangan yang diterapkan di Indonesia.

Sementara itu, produk yang masuk ke pasar ekspor juga mengikuti tingkat negara tujuan ekspor.

“Yang pasti, perusahaan yang mengekspor pangan ke luar negeri harus mengetahui peraturan negara tujuan dan memenuhi persyaratan mutu dan keamanan pangan yang diperlukan,” kata Putu Julie Ardika, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Jumat (21/10/). 2022).

Baca juga: Mie Sedaap telah dihapus dari peredaran di beberapa negara, BPOM didorong untuk memperbarui standar keamanan pangan.

Langkah mitigasi yang dilakukan adalah memperkuat kelompok kerja Indonesian Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) dari pemangku kepentingan terkait, kata Putu.

Perwakilan pemangku kepentingan misalnya dari BPOM (sebagai National Contact Point), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan.

“INRASFF adalah alat komunikasi cepat untuk melacak notifikasi masalah ekspor dan impor,” katanya.

Selain itu, perlu dikembangkan suatu metode untuk menguji residu etilen oksida pada produk pangan, dan saat ini di Indonesia pengujian residu tersebut hanya dapat dilakukan di laboratorium BPOM.

Direktur Wings Group Indonesia Ricky Tijajono mengatakan perusahaan telah memastikan proses pembuatan Mie Sedaap tidak menggunakan etilen oksida.

Produk Mie Sedaap juga aman untuk pangan sesuai dengan peraturan keamanan pangan terkait, termasuk izin edar dari BPOM dan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000.

“Produk Mie Sedaap sudah diekspor ke lebih dari 30 negara. Wings Group punya Indonesia
Selidiki seluruh lini produk dan pemasaran Mi Sedaap,” jelas Ricky.

Baca juga: Pastikan Mie Sedaap tidak menggunakan ethylene oxide di semua lini produk

Perusahaan telah menarik semua jenis produk Mie Sedaap yang diimpor ke Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

Selain itu, Wings Group Indonesia mengirimkan sampel mi instan ke PT Saraswanti Indo Genetech, yang kemudian mengontraknya ke laboratorium di Vietnam untuk pengujian etilen oksida pada awal Oktober 2022.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/21/usai-mie-sedaap-ditarik-di-beberapa-negara-kemenperin-pastikan-seluruh-produk-makanan-sesuai-aturan