SBY memprediksi datangnya triple crisis, bagaimana perekonomian Indonesia dan jenis investasi apa yang harus dipilih? Para ekonom mengatakan demikian -->

Iklan

SBY memprediksi datangnya triple crisis, bagaimana perekonomian Indonesia dan jenis investasi apa yang harus dipilih? Para ekonom mengatakan demikian

Senin, Oktober 17, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menurut Susilo Bambang Uhoyono (SBY), Presiden ke-6 Republik Indonesia, dunia mungkin menghadapi tiga krisis: keamanan, ekonomi, dan lingkungan.

Perencana keuangan Ahmed Gozali telah memperkirakan bahwa krisis ekonomi tahun 2023 akan menjadi campuran dari krisis tahun 2020 dan 2008.

“Krisis 2008 adalah krisis ekonomi dengan suku bunga tinggi dan likuiditas di sektor keuangan, dan krisis 2020 adalah perlambatan ekonomi karena penurunan produksi dan konsumsi,” katanya kepada Tribun News.com dalam pesan teks. Senin (17/10/2022).

Baca juga: Kenaikan suku bunga The Fed memicu kekhawatiran krisis ekonomi Asia pada 1990-an.

Menurutnya, dampak dari krisis ini adalah berkurangnya lapangan pekerjaan dan meningkatnya pengangguran sehingga mempengaruhi situasi keamanan seperti yang diprediksi SBY.

Namun, Indonesia dinilai lebih tahan terhadap krisis ini karena siklus ekonomi ditopang oleh konsumsi yang tinggi dan masih ada peluang investasi.

“Tantangan bagi Indonesia adalah suku bunga tinggi dan risiko nilai tukar. Sedangkan untuk investasi, biasanya yang lebih menarik dalam situasi seperti itu adalah surat utang (obligasi atau sukuk),” kata Ahmed.

Menurut Poltak Horadero, peneliti senior dan ekonom yang kami ajak bicara secara terpisah, meski tidak separah negara maju, krisis ekonomi global juga akan berdampak pada Indonesia.

“Saya tidak berpikir (dampaknya mengerikan) akan lebih baik daripada banyak negara berkembang di dunia,” katanya.

Dari sisi peluang investasi, Poltak menyarankan investor muda atau milenial untuk lebih berhati-hati dalam memahami isi laporan keuangan perusahaan publik.

“Belajarlah membaca laporan keuangan. Jika tidak bisa membaca laporan keuangan, tidak akan menemukan perusahaan bagus dengan harga murah,” pungkasnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/17/sby-ramal-akan-muncul-triple-crisis-bagaimana-ekonomi-ri-dan-pilih-investasi-apa-ini-kata-ekonom