Rakor ADPSI dan ASDEPSI yang dihadiri Sekda Kemendagri: Penyelenggaraan Pilkada 2024 harus sukses. -->

Iklan

Rakor ADPSI dan ASDEPSI yang dihadiri Sekda Kemendagri: Penyelenggaraan Pilkada 2024 harus sukses.

Selasa, Oktober 25, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh DPRD Kabupaten se-Indonesia (ADPSI) dan Rapat Koordinasi Asosiasi (RAKOR). Sekretaris DPRD Negara Republik Indonesia (ASDEPSI).

Pesan tersebut merupakan tema rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Senin (24/10/2022) di Hotel Borobudur Jakarta dengan tema “Peran ADPAC untuk menciptakan lingkungan yang kondusif jelang pemilihan umum serentak 2024”.

Menurut Suhajar, pemilihan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 sesuai jadwal di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Penyelenggara pemilu dan pemangku kepentingan terkait harus mendukung penuh program pemerintah.

Baca juga: KPU berencana beli kendaraan taktis untuk memperlancar logistik pemilu 2024

Ia juga menghimbau kepada anggota KPU untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pemilu serta berhati-hati dalam hal teknis agar tidak menjadi isu politik yang tidak terkendali.

“Memang kita harus mendukung pemerintah daerah dan Partai Rakyat Demokratik dalam segala hal yang terjadi di lapangan. Kemudian kampanye harus dipersingkat agar tidak ada perpecahan di antara kita. Kemudian semua instansi pemerintah akan dikerahkan untuk memfasilitasi Proses dari awal sampai akhir,” katanya.

Ia menyatakan, arah politik dan hukum pemilu 2024 adalah untuk memperkuat keselarasan visi dan misi presiden dengan visi dan misi kepala negara.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) yang akan dimulai nanti pada tahun 2024 memiliki periode yang sama dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di seluruh Indonesia.

. Pelaksanaan tujuan ini merupakan tanggung jawab bersama.

“Keberhasilan pemilihan umum serentak dan pemilihan gubernur negara bagian adalah tanggung jawab kita bersama. Tanggung Jawab Penyelenggara (Pemilu), KPU, Bawaslu dan DKPP. Tanggung jawab kita adalah pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah negara bagian adalah kepala negara dan DPD.

Pak Suhajar juga mengatakan bahwa untuk suksesnya pemilu perlu dukungan masyarakat yang kegiatannya harus didorong oleh pemerintah daerah, termasuk Partai Rakyat Demokratik.

Peran tersebut antara lain mengumpulkan informasi publik untuk pemilu, memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dan membantu KPU berfungsi dengan lancar tanpa hambatan.

“Peran DPD sangat penting di sini, baik kepala negara maupun DPD. Kemudian (juga diperlukan) dukungan sumber daya manusia, keamanan, kemudian pendidikan politik. Jika kita melakukan ini bersama-sama, citra demokrasi kita akan lebih baik,” katanya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/10/25/hadiri-rakor-adpsi-dan-asdepsi-sekjen-kemendagri-pelaksanaan-pemilu-2024-harus-kondusif