PKB Ajak Kek Emin Jadi Capres, Fadli Zona: Putuskan Pilkada, Siapa Yang Memungkinkan -->

Iklan

PKB Ajak Kek Emin Jadi Capres, Fadli Zona: Putuskan Pilkada, Siapa Yang Memungkinkan

Minggu, Oktober 02, 2022

Wartawan Tribunnews.com Farsianus Waqu

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menanggapi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mencalonkan Muhaimin Iskandar atau Kak Emin sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024.

Menurut dia, semua parpol menginginkan ketua umum mereka bersaing dalam pemilihan presiden (Pilpress) mendatang, untuk mendapatkan hasil kuota.

“Masing-masing (parpol) menginginkan coattail effect dalam pemilihan presiden,” kata Fadli usai diskusi Prodewa dan Total Politics di Jakarta Pusat, Sabtu (10/1/2022).

Baca juga: PKB: Capres Cak Imin 2024 Jadi Harga Mati

Karena itu, Fadli tidak mempersoalkan kapan semua parpol mendorong ketua umum untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden nanti.

“Jadi semua partai adalah partai, kalau bisa menunjuk pemimpin umum sendiri, itu cara untuk mencapai hasil kuota,” katanya.

Namun, Fadli mengatakan, keputusannya untuk maju dalam pemilihan presiden akhirnya ditentukan oleh jajak pendapat yang dilakukan dengan mitra koalisi.

“Menurut saya, yang akan memutuskan, misalnya siapa yang mengizinkan pemilu adalah pemilu di akhir,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan mengusung Cak Imin sebagai calon presiden pada 2024 merupakan harga mati berdasarkan keputusan Kongres PKB.

Di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Selasa “Pak Muhaimin akan mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024 jika PKBB mengambil alih kekuasaan. Jika mandat Kongres ini mati” (27/9/2022).

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/10/02/pkb-usung-cak-imin-jadi-capres-fadli-zon-jajak-pendapat-yang-tentukan-siapa-yang-memungkinkan