Penyebab Persiapan Dapil Masih Belum Sesuai, Begini Penjelasan BRIN -->

Iklan

Penyebab Persiapan Dapil Masih Belum Sesuai, Begini Penjelasan BRIN

Rabu, Oktober 26, 2022

Dunia-ilmu.com, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menilai penyelenggaraan daerah pemilihan (Dapiles) saat ini masih belum ideal.

Demikian disampaikan Mok Nurhasim, Direktur Pertahanan dan Keamanan Polhuk, BRIN dalam podcast Netgrit yang disiarkan online di kanal YouTube TribuneNews, Rabu (26/10/2022) malam.

Menurut Nurhasim, penataan daerah pemilihan harus didasarkan pada beberapa prinsip yang tertuang dalam UU 7 Tahun 2017.

Asas pembentukan daerah pemilihan meliputi asas pemerataan nilai suara, sistem pemilihan proporsional, proporsionalitas, dan integrasi daerah.

Kemudian di area yang sama adalah coverage, koordinasi dan daya tahan.

Selain itu, Nurhasim mencermati bahwa permasalahan pilkada adalah perdebatan alokasi dapil pada tahun pemilu.

Baca juga: Ekonom Indefe mengatakan pemerintah harus mengontrol industri riset IKN, bukan menyerahkannya ke swasta.

Menurutnya, pemekaran daerah pemilihan bukan hanya pembagian kursi di daerah.

“Kalau melihat situasi pemilu yang nanti dianeksasi undang-undang, kita tidak akan pernah tahu perdebatan alokasi dapil ketika masalahnya sudah berubah,” kata Nurhasim.

“Dari 2004 hingga 2009, 2014, dan nanti 2019, 2024. Ini argumen utama, karena bukan hanya pembagian kursi dapil ke daerah-daerah saja,” ujarnya.

Bahkan terkait peristiwa tersebut, Nurhasim menilai proses pemilu masih kurang baik.

Agar baik, menurut dia, semua keputusan pemilu harus diserahkan kepada lembaga independen yang melaksanakan undang-undang, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI).

“Jadi idealnya diserahkan kepada penegak hukum, dalam hal ini lembaga independen. Jadi kalau tidak cocok, tidak baik dalam konteks siapa yang harus melakukan persiapan,” kata Nurhasim.

“Jadi kalau disebut cocok atau tidak, belum. Kenapa? Karena evaluasi di penyelenggara pemilu sudah ada aturannya, dalam penyusunan dapil, konsepnya apa, penghindarannya seperti apa dan sebagainya. Lalu ada proporsionalitasnya. ,” dia menambahkan. Nurhasim menjelaskan

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/27/penyebab-penataan-dapil-masih-belum-ideal-ini-penjelasan-brin