Penggunaan teknologi digital membantu mempercepat bisnis UMKM -->

Iklan

Penggunaan teknologi digital membantu mempercepat bisnis UMKM

Sabtu, Oktober 15, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Peluang untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia masih sangat luas. Sektor ini berkembang pesat.

Pemanfaatan teknologi digital dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia. Beberapa kesimpulan yang dibahas dalam webinar bersama Siberkreasi Nasional Literasi Digital (GNLD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan tema “UKM Maju, Bisnis Lebih Cepat”

Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan Ahli Muda Asesor Manajemen Mutu Industri Jane Grace Astrid Sipasulta Kewirausahaan Kota Balikpapan saat ini sedang booming. Di tahun Pada tahun 2021 saja, jumlah UKM di Balikpapan telah mencapai 47.054 unit.

Menurutnya, peluang menjalankan bisnis skala UMKM cukup menjanjikan, misalnya bisnis kuliner yang saat ini sedang berkembang pesat.

Baca Juga: mengurangi bea masuk akan mencegah inflasi

“Saat ini, faktor yang mendorong pertumbuhan bisnis UMKM adalah strategi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial, yaitu memperluas jangkauan pemasaran dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Begitu pula dengan kemudahan bertransaksi secara digital. Oleh karena itu, UMKM harus segera memasuki pasar. lingkungan digital agar tidak ketinggalan,” ujarnya, Jumat (14/10)./2022) Dikutip dari Rahmat.

Bambang Herlandi, ketua komunitas blogger Balikpapan, menyarankan UMKM untuk memperluas lini usahanya dengan berjualan di marketplace (e-commerce). Ada begitu banyak pasar hari ini.

Namun, UMKM dapat membangun website sendiri sebagai sarana pemasaran produk.

Baca juga: Cara menghadapi resesi 2023 kelola keuangan dan pengeluaran

Sementara itu, Ketua APTIKOM Kaltim Eko Juniorianto menawarkan tip khusus digital marketing yaitu direct marketing (langsung) di media sosial seperti Instagram.

Cara inovatif lainnya adalah Google Adsense berbayar. Manfaatkan juga sumber daya gratis yang disediakan oleh influencer atau influencer yang mempromosikan produk UMKM secara gratis di media sosial mereka.

Agar pemasaran produk UKM lebih masif, Politeknik Samarinda Mulianto, dosen Teknologi Informasi, menyarankan agar pelaku UKM bergabung dengan komunitas bisnis yang ada.

Baca juga: Analis mengatakan IHSG masih mengalami gelombang tekanan yang cukupi

Bergabung dengan komunitas semacam itu dapat memberikan akses ke banyak informasi terkait pasar dan produk, membangun jaringan bisnis, mengakses sumber daya, menghasilkan ide kreatif, dan meningkatkan penjualan.

Namun, pemasaran bisnis UMKM saat ini tidak lepas dari teknologi digital. Penggunaan teknologi digital untuk bisnis sangat penting, sehingga membutuhkan penguasaan dan keterampilan digital.

Peran influencer

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/15/pemanfaatan-teknologi-digital-dapat-bantu-akselerasi-bisnis-umkm