Menko Erlanga: Jumlah pinjaman komersial rakyat akan mencapai Rp 460 triliun tahun depan. -->

Iklan

Menko Erlanga: Jumlah pinjaman komersial rakyat akan mencapai Rp 460 triliun tahun depan.

Senin, Oktober 03, 2022

Reporter Tribunnews.com Reynas Abdila

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Erlanga Hartarto, pemerintah telah memberikan banyak perhatian kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bukti menunjukkan keprihatinan pemerintah atas peningkatan jumlah pinjaman usaha pribadi yang diajukan oleh banyak pelaku UKM.

“Jumlahnya tahun ini Rp 373 triliun dan tahun depan naik menjadi Rp 460 triliun, dan sesuai instruksi presiden, kredit akan meningkat untuk usaha menengah,” katanya dalam nota kesepahaman bantuan di Airlangga. Identifikasi rencana dan pilot project oleh negara bagian, Senin (3/10/2022).

Baca juga: BRI diperkirakan akan menarik 32,1 juta pekerja

Erlanga menjelaskan, plafon pinjaman komersial untuk individu akan menjadi Rp 500 juta, sedangkan untuk usaha menengah akan meningkat menjadi Rp 10 miliar dan meningkat.

“Selama ini sekitar 20 persen atau sekitar 1200 triliun dalam lima tahun, pagu ini akan mencapai Rp 1.800 triliun pada 2024, jadi jumlahnya akan bertambah,” kata Erlanga.

Dijelaskannya, kegiatan closed-loop, pemerintah memberikan payung hukum dalam program CSR, atau sering disebut dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Program CSR ini diharapkan dapat membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayah tempat perusahaan berada.

Di tahun Ia juga menjelaskan bahwa dalam perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021, CSR akan dikendalikan untuk diberikan di tempat-tempat tempat usaha itu berada.

“Kami sedang menghitung radiusnya, minimal di kecamatan kota tempat usaha itu berada dan kalau bisa akan diperluas lagi,” ujarnya.

Baca juga: Pelunasan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri sd April 2022 Rp. 14,4 triliun tercapai.

Menko menambahkan, model closed loop ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong UKM masuk ke dalam kelas untuk mengimplementasikan percontohan yang ada bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

“Arah presiden selalu diulang-ulang,” kata Erlanga.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/03/menko-airlangga-jumlah-kredit-usaha-rakyat-akan-dinaikkan-jadi-rp-460-triliun-tahun-depan