Menghadapi persaingan, para pelaku UMKM didorong untuk memasuki dunia digital. -->

Iklan

Menghadapi persaingan, para pelaku UMKM didorong untuk memasuki dunia digital.

Minggu, Oktober 02, 2022

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Denny

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Sejak Juni 2022, Yayasan Bara telah menyelenggarakan program pelatihan bagi pelaku UMKM di Jakarta di 35 Kelurahan dan 754 peserta.

Ia mulai bersosialisasi dengan para pelaku UKM dan menyampaikan bahwa kebutuhan industri UMKM adalah menghadapi persaingan dan memasuki dunia digital.

Rafif Mohammad Rizkullah, pendiri Bara Foundation, mengatakan, agenda sosialisasi dan pelatihan yang dikemas dalam acara bootcamp tersebut mendapat respon positif dari para pelaku UMKM dengan berbagai kegiatan usaha.

“Sejak pertengahan 2019, para peserta kami belum bisa memulihkan 100 persen usahanya sejak merebaknya pandemi Covid-19, termasuk di Indonesia dan di seluruh dunia. Kata Rafif dalam keterangannya, Sabtu (22/1/22). ).

Baca juga: Airlangga: UKM Digital Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Dikatakannya, pelatihan UMKM yang dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus ini merupakan salah satu lembaga yang disediakan oleh Bara Foundation yang melayani para peserta UMKM yang ingin memulai kegiatan pribadi dan usahanya.

“Hal ini dilakukan agar para pelaku UKM dapat bersaing dengan UKM lainnya dan memiliki kesadaran tentang digital marketing,” tambah Rafif.

Rafif mengatakan, ada 93 peserta pelatihan yang menyelesaikan rangkaian pelatihan berbagai materi antara Juni hingga Agustus dan mereka diberikan pengetahuan keuangan, pemasaran digital, inovasi bisnis dan banyak materi lainnya.

Rafif juga menjelaskan bahwa para peserta UMKM yang mengikuti program pelatihan akan mengikuti program pendampingan oleh Bara Foundation Group.

“Melalui proses pendampingan ini, UMKM diharapkan dapat mengaplikasikan seluruh materi pelatihan pada lini usahanya dengan harapan usahanya dapat bersaing dan berkembang dengan menggunakan sistem digital. Pendampingan yang dilaksanakan oleh Bara Foundation memiliki agenda pendukung seperti kunjungan, monitoring bisnis , balai kota dan perencanaan jangka panjang,” jelasnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/02/hadapi-persaingan-pelaku-umkm-didorong-masuk-ke-dunia-digital