Hardjuno: Saatnya bebas dari beban bunga obligasi Rekap BLBI. -->

Iklan

Hardjuno: Saatnya bebas dari beban bunga obligasi Rekap BLBI.

Sabtu, Oktober 01, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Pemerintah harus fokus pada upaya untuk menghilangkan semua pos anggaran yang tidak berkontribusi untuk mengurangi beban belanja publik.

Salah satunya adalah pos pembayaran subsidi bunga eks Obligasi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Langkah ini diperlukan untuk menyelamatkan keuangan pemerintah atau anggaran pemerintah dalam situasi ekonomi yang sangat sulit saat ini.

Baca juga: Anggota Komisi XI DPR itu meminta satgas BLBI lebih efisien dalam menghimpun dana BLBI Rp110,4 triliun.

Penegasan ini diberikan oleh Pansus BLBI Staf Profesional DPD RI Hardjuno Wiwoho di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

“Sejak 20 tahun terakhir, saya turun ke jalan untuk menyenangkan pemerintah untuk mengakhiri pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI ini. Ini anggaran yang tidak produktif dan akan membebani APBN kita,” katanya.

Sayangnya, kebutuhan untuk membatalkan pembayaran bunga obligasi Rekap BLBI terabaikan. Tentu saja, pembayaran bunga obligasi ini menjaga anggaran negara tetap sehat.

“Saya ulangi, ini peringatan untuk anggaran kita. Jika uang rakyat ini terus diambil untuk hal-hal yang tidak berguna, anggaran daerah kita akan hancur dan ini akan menjadi ancaman bagi masa depan anak cucu negeri ini,” jelasnya.

Hardjuno mengakui tidak jujur ​​jika membiarkan uang pajak publik membayar subsidi bunga obligasi rekap sampai tahun 2043.

Baca juga: Pansus BLBI DPD RI dijadwal ulang untuk pemanggilan tugas BLBI

Kebijakan ini sangat tidak adil dan melukai rasa keadilan masyarakat. Apalagi, totalnya mencapai Rp 4.000 triliun.

“Oleh karena itu, alangkah baiknya jika dana yang besar itu digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Ini lebih penting daripada disia-siakan untuk hal-hal yang tidak perlu,” ujarnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/01/hardjuno-saatnya-hapus-pembayaran-bunga-obligasi-rekap-blbi