Gubernur: Dia tuan rumah yang sopan, selamat datang saudaranya, duta KMAN IV -->

Iklan

Gubernur: Dia tuan rumah yang sopan, selamat datang saudaranya, duta KMAN IV

Minggu, Oktober 16, 2022

Dunia-Ilmu.com Bupati Jayapura Mathews Autuawu, SE, MC kembali berbicara pada Sabtu (15/10) di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Forum Persatuan Masyarakat Nusantara (SOPAN) yang digelar di Hotel Grand Tahara. Komunitas SOPAN di Kabupaten Jayapura juga sukses menjadi tuan rumah Kongres Keenam Masyarakat Adat Nusantara (KMAN VI) pada 24-30 Oktober.

Untuk itu, seluruh pengurus dan anggota paguyuban SOPAN hendaknya secara langsung menerima dan menyambut duta adat Indonesia dari masing-masing daerah dan membimbing peserta yang ingin lebih mengenal adat Tabi, khususnya potensi alam dan budayanya. Wisata Tabi.

“Tentu kita semua anak-anak masyarakat adat, perserikatan hanya sebatas kata, jadi negara sudah memberikan apresiasi, termasuk beberapa kiprah kita di Kabupaten Jayapura yang akan disiarkan langsung oleh presiden pada vigil ke-9. Adat masyarakat di Provinsi Jayapura.Selain itu, pada tanggal 24 Oktober, penduduk asli pulau di tanah Tabi itu dibuka Kongres VI.

Karya Kabupaten Jayapura akan menjadi agenda nasional, termasuk 14 desa adat yang disertifikasi oleh pemerintah melalui kodifikasi, yang akan menjadi acuan nasional sesuai Undang-Undang Nomor 6 tentang desa adat dan desa di seluruh Indonesia. .

“Selain 14 desa adat populer di Jayapura, juga akan diikuti desa adat lainnya, pekerjaan pemetaan yang dilakukan oleh masyarakat adat tempat-tempat adat untuk kepastian hukum dan hutan adat yang ditetapkan dan bersertifikat. Itu harus menjadi agenda Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. . Itu harus diakui di tingkat nasional.”

Pemerintah Pusat mengakui bahwa Kabupaten Jayapura akan menjadi role model bagi pembangunan Papua dan Papua Barat dalam 20 tahun ke depan.

Tidak hanya itu, Kabupaten Jayapura sebagai sebuah kabupaten selalu menjadi acuan bagi kabupaten kota lainnya terutama dalam mewujudkan jati diri penduduk asli.

Sehubungan dengan acara KMAN VI mendatang, HUT ke-9 kebangkitan adat, serta penyerahan 14 desa adat, ketentuan hutan adat, PPHMA dan ketentuan SK rejim tentang kawasan adat, GTMA. Peta, peluncuran dana pulau, karnaval budaya, sistem pengumpulan tanah dan batu, pulau untuk bangunan warisan pulau budaya dan banyak agenda penting lainnya.

Kabupaten Jayapura, kata Bupati Mathews, menjadi ruh pemersatu seluruh umat Tuhan, meski masing-masing memiliki profesi yang berbeda, aliran politik yang berbeda, namun komitmen keteguhan posisi tetap berjalan. Untuk dipimpin oleh setiap warga negara.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/regional/2022/10/16/bupati-sopan-juga-tuan-rumahsambut-saudaranya-duta-kman-iv