Forum G20 akan membahas pengembangan UMKM, mendorong perluasan daya saing dari transformasi digital. -->

Iklan

Forum G20 akan membahas pengembangan UMKM, mendorong perluasan daya saing dari transformasi digital.

Senin, Oktober 17, 2022

Dunia-Ilmu.com – Business 20 atau B20, salah satu forum pemimpin G20, terus berupaya mengakomodasi dan mendorong peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai penggerak ekonomi.

Ingat, ini B20. tim pengiriman G20, yang mewakili komunitas bisnis internasional.

Dengan kehadiran pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 akan mencerminkan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Setidaknya, ada sejumlah rekomendasi kebijakan dalam implementasi B20 yang akan ditindaklanjuti dan diangkat dalam pertemuan G20.

Arif Rachmat, Ketua Satgas B20 Bidang Perdagangan dan Investasi, menjelaskan empat rekomendasi kebijakan: perdagangan bebas, ekonomi digital, inklusivitas, dan ekonomi hijau.

Arif menambahkan, dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk terus mendorong SMIS agar berhasil sebagai penggerak ekonomi.

Baca juga: Pemerintah menghabiskan Rp552,35 miliar untuk kegiatan kepresidenan G20

“Salah satu program tertua yang telah dicanangkan adalah kemitraan dengan UMKM melalui closed loop plan yang inklusif, yang didukung oleh berbagai pemangku kepentingan, mulai dari dunia usaha, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga global, dengan UMKM sebagai fokus utama. untuk menggerakkan perekonomian. , lembaga keuangan., hingga akademisi, “Arif to Tribunnews.com Senin (17/10/2022) dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, co-chairman Satgas Perdagangan dan Investasi B20, Dr Juan Jose Dabub, mengatakan harus ada kerja sama antara pemerintah dan swasta.

Memang, baginya, perlu dibentuk satgas agar suara dari pihak swasta bisa digunakan untuk membuat kebijakan yang lebih baik.

Daboub menyatakan Forum B20 sangat mendukung target Presiden G20 untuk melakukan transformasi digital guna mendorong daya saing UKM.

“Platform ini mendukung tujuan Presiden G20 Indonesia untuk mempromosikan peran nyata para pelaku bisnis dalam mendorong transformasi digital, dan memperluas jangkauan UMKM untuk bersaing dan menjadi bagian dari rantai pasokan global melalui closed-loop plan yang inklusif,” ujarnya.

Selain itu, orang yang menjabat sebagai anggota direksi Philip Morris International (PMI) itu kembali menegaskan, harus ada kerjasama dengan semua pihak, pelaku usaha, UKM dan pemerintah.

Baca juga: Dukung G20, Toyota-Astra Motors Luncurkan Lexus UX-300e

“Melalui forum B20, kami akan berkontribusi dengan memberikan saran dan berbagi pengalaman dalam upaya menjadikan UMKM lebih berdaya saing dan memacu pertumbuhan ekonomi.”

“Kolaborasi antara pelaku usaha dan UMKM membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah dalam bentuk kebijakan dan program yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” kata Dabub.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/17/forum-g20-wadahi-pengembangan-umkm-dari-transformasi-digital-hingga-dorong-perluasan-daya-saing