Formapi menyebut Polpum Kemendagri Bahtier, Dirjen, sebagai orang yang tepat untuk Pj Gubernur Diki Jakarta. -->

Iklan

Formapi menyebut Polpum Kemendagri Bahtier, Dirjen, sebagai orang yang tepat untuk Pj Gubernur Diki Jakarta.

Senin, Oktober 03, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Tiga nama Pj Gubernur Diki Jakarta (Pj) sudah ditetapkan DPRD Diki.

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Diki Marula Matali, dan Dirjen Politik dan Administrasi Publik (Polpom) Kementerian Dalam Negeri.

Ketiga nama tersebut akan menggantikan Anis Basedan sebagai Gubernur Diki Jakarta yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022.

Di antara ketiga nama tersebut, Lucius Karus, peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (FORMAPI), mengatakan Bahtir adalah orang yang paling memenuhi syarat untuk mengisi kursi Jakarta.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi di Jakarta, Senin (3/10/2022) bertajuk ‘Transisi Diki Jakarta: Citra Pj Penguasa dan Masa Depan Pasca IKN Jakarta’.

“Dari ketiga nama tersebut, yang paling berpengalaman dengan mantan Pj Gubernur adalah Pak Bahtir sendiri,” kata Lucius Karus.

Menurutnya, Bahtir dinilai mumpuni dengan pengalaman administrasi dan pemerintahan daerah.

Hal ini digambarkan dalam cerita sebagai pejabat sementara (Pjs.) kepada gubernur (Kepri) Kepulauan Ria.

Lucius menilai, sejarah Tariq Bahtir sebagai mantan direktur pelaksana telah memberinya pengalaman mendekati pejabat daerah untuk mempromosikan program pemerintah.

Baca juga: Jajak pendapat Faith Indonesia: Bahtir adalah kandidat teratas untuk gubernur DKI, diikuti oleh Marlah Matali dan Heru Budi

“Bagaimana membangun koordinasi yang kuat agar program-program lokal berjalan dengan baik,” kata Lucius.

“Saya pikir pengalaman itu mungkin merupakan aset terbesar yang membuat posisi Pak Bahtir menonjol dari kandidat lain,” tambahnya.

Meski Bakhtir dianggap lebih unggul, Lucius mengatakan semua calon yang dicalonkan dalam pemilu memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa memimpin pemerintahan.

Meski demikian, saya kira tiga nama yang diajukan DPRD sudah cukup mengingat pengalaman mereka di birokrasi DPRD Dickey.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/metropolitan/2022/10/03/formappi-sebut-dirjen-polpum-kemendagri-bahtiar-sosok-tepat-pj-gubernur-dki-jakarta-ini-alasannya