Ditunda, berakhirnya transmisi TV analog di Jabodetabek akan berlaku mulai 2 November 2022. -->

Iklan

Ditunda, berakhirnya transmisi TV analog di Jabodetabek akan berlaku mulai 2 November 2022.

Rabu, Oktober 05, 2022

Wartawan Tribunnews.com Januar Rizki Yovanda

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta direksi Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) dan lembaga penyiaran swasta untuk menunda siaran TV analog atau analog switchover (ASO) di Jabodetabek pada 5 Oktober 2022. .

Menurut Ismail, Pj Dirjen Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, ASO di Jabodetabek akan dilaksanakan pada 2 November 2022 bersamaan dengan titik distribusi lainnya di Indonesia.

“Sesuai permintaan tersebut, ASO Jabodetabek ditunda dan akan dilaksanakan bersamaan pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB,” katanya dalam siaran pers, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Cara beralih ke TV digital bagi yang masih menggunakan TV analog

Menurut Ismail, ATVSI dan lembaga penyiaran swasta terkait telah menyatakan kesediaan dan komitmennya untuk menyelesaikan seluruh tahapan persiapan teknis ASO paling lambat 2 November 2022.

“Kegiatan ini sangat disosialisasikan, pembagian STB untuk fakir miskin dan televisi untuk masyarakat yang mampu Set Top Box (STB),” ujarnya.

Sekadar informasi, pengalihan siaran televisi analog ke siaran digital di 112 wilayah siaran yang mencakup 341 kota kabupaten dan wilayah administrasi di seluruh Indonesia.

Saat ini, 90 titik distribusi telah disiapkan agar masyarakat setempat dapat beralih ke siaran televisi digital.

Baca juga: Larangan transmisi TV analog Yabodetabek ditunda, meski transmisi STB mendekati 100 persen

Sementara itu, penyiar yang beralih ke siaran digital atau simulcast sebanyak 556 dari 693 stasiun televisi pemegang izin siaran analog.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/techno/2022/10/05/diundur-penghentian-siaran-tv-analog-di-jabodetabek-dilaksanakan-mulai-2-november-2022