Dinyatakan tidak memenuhi syarat, Partai Prima mengajukan gugatan ke Bawaslu -->

Iklan

Dinyatakan tidak memenuhi syarat, Partai Prima mengajukan gugatan ke Bawaslu

Senin, Oktober 17, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) mengajukan sengketa kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tentang proses pemilu.

Hal ini terkait dengan ketidakikutsertaan Partai Prima dalam verifikasi objektif peserta pemilu 2024.

DPP Prima tiba di Bawaslu pada Senin (17/10/2022) dipimpin Jenderal Dominguez Octavianus dan tim advokasi.

Sebelumnya Jumat (14/10/2022) lalu, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) mengumumkan 18 partai politik yang memenuhi syarat untuk mengikuti tahap verifikasi data.

Ada dua partai politik yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, salah satunya adalah Prema.

Baca juga: Tuduhan terhadap Bawaslu Gagal Persetujuan Administratif, Partai Prima Optimis Ikuti Pilkada 2024

Pemimpin Prima Advocacy Group Mulana Bungaran mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi kasus lanjutan berupa mediasi atau arbitrase.

“Selanjutnya tim Prima Advokasi sedang mempersiapkan untuk melanjutkan kasus tersebut melalui proses mediasi dan ajudikasi yang dilakukan oleh Bawaslu RI terkait permohonan ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, sesuai aturan yang berlaku, Bawaslu RI memiliki waktu maksimal 12 hari kerja untuk memutus sengketa pemilu.

Baca juga: Mereka sudah lolos Pilkada 2024 dengan konfirmasi konkrit, Ketua KPU: Perindo mengumumkan bahwa partai tersebut telah memenuhi syarat.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum Prima Agus Jabo Priono menambahkan, pihaknya berharap dan yakin Prima partainya lolos keikutsertaan dan memenangkan pemilihan umum 2024 mendatang.

“Kami penuh harapan dan percaya diri, kami siap menghadapi semua proses yang akan dilakukan Bawaslu,” ujarnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/17/dinyatakan-tidak-memenuhi-syarat-partai-prima-layangkan-gugatan-sengketa-ke-bawaslu