Dalam rapat Komisi Organisasi KMAN VI, para peserta sepakat untuk mengubah Pasal 1 dan 2 Anggaran Dasar KMAN. -->

Iklan

Dalam rapat Komisi Organisasi KMAN VI, para peserta sepakat untuk mengubah Pasal 1 dan 2 Anggaran Dasar KMAN.

Jumat, Oktober 28, 2022
Dalam rapat Komisi Organisasi KMAN VI, para peserta sepakat untuk mengubah Pasal 1 dan 2 Anggaran Dasar KMAN

Dunia-Ilmu.com, MANOKWARI – Pasal 1 dan 2 Anggaran Dasar Persatuan Masyarakat Adat Nusantara (Amman) yang mengikuti rapat Komisi Organisasi KMAN VI direvisi.

Istilah yang ditetapkan dalam ayat 3 harus didefinisikan dalam kaitannya dengan pemungutan suara yang setuju untuk mengubah ayat 1.

Baca juga: Damanas Menjaring 10 Kandidat Terbaik Sekjen Amman 2022-2027

Sebelum perubahan, Pasal 1 Ayat 3 berbunyi “AMAN didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Maret 1999 untuk waktu yang tidak ditentukan”.

Dan setelah diubah Pasal 1 Ayat 3 berbunyi “AMAN diproklamirkan pada tanggal 17 Maret 1999 di Jakarta untuk waktu yang tidak ditentukan”.

Sebelum amandemen, Pasal 2 berbunyi: “Kedaulatan Amman akan dipegang oleh para anggota dan akan dilaksanakan sepenuhnya oleh Kongres Masyarakat Adat Pulau, atau disingkat KMAN.”

Oleh karena itu, para peserta sidang sepakat bahwa Pasal 2 harus diubah menjadi “Kedaulatan Amman berada di tangan para anggota dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Kongres Masyarakat Adat Pulau atau disingkat KMAN dan Kongres Masyarakat Adat Luar Biasa Nusantara atau disingkat KMANLUB”.

Baca juga: Zadrak Wamebu terpilih sebagai ketua rapat tetap KMAN VI

Perwakilan Komite Koordinasi mengatakan bahwa alasan perubahan Pasal 2 adalah bahwa keputusan tertinggi organisasi tidak hanya di Forum Cayman tetapi juga di Kongres Luar Biasa Penduduk Kepulauan.

“Karena keduanya memiliki status hukum yang sama sebagai organisasi, maka panitia pengelola memutuskan bahwa keputusan tertinggi ada pada KMAN dan KMANLUB,” jelasnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/28/peserta-sidang-komisi-organisasi-kman-vi-sepakat-pasal-1-dan-2-anggaran-dasar-aman-diubah