Cuaca Hari Ini - BMKG: Benih Siklon Tropis 92B terlihat di atas Laut Andaman pada Jumat 21 Oktober 2022. -->

Iklan

Cuaca Hari Ini - BMKG: Benih Siklon Tropis 92B terlihat di atas Laut Andaman pada Jumat 21 Oktober 2022.

Jumat, Oktober 21, 2022

Dunia-Ilmu.com – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hari ini Jumat (21/10/2022).

Diambil dari halaman resmi BMKGTropical Cyclone Seed 92B diamati di perairan utara Aceh dan di Laut Andaman di mana ia membentuk titik konvergensi umum di Teluk Thailand.

Sirkulasi siklonik membentuk zona konvergensi melintasi Sumatera Barat, Laut Natuna, Perairan Lampung Barat dan Perairan Selatan Jawa Barat, di Perairan Benkulu Barat – Lampung, dari Kepulauan Bangka Belitung hingga Laut Jawa, Pantai Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Perairan Selatan Jawa Barat, di Kalimantan Tengah bagian selatan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dan di NTB.

Daerah konvergensi diamati dari Aceh hingga Selat Malaka, Kalimantan Selatan, NTT Timur, Laut Sulawesi, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua, serta pertemuan angin (confluence) di Laut Natuna, Kalimantan Timur, Papua dan Papua Barat Laut.

Skenario ini dapat meningkatkan perkembangan awan hujan di daerah pemijahan siklon tropis/sirkulasi siklon dan daerah terkait/konvergensi.

Baca juga: Prakiraan curah hujan wilayah Indonesia, Jumat 21 Oktober 2022, BMKG: Hujan deras di Aceh dan Lampung.

Berikut beberapa wilayah berpotensi hujan dan badai petir dari Jumat 21 Oktober 2022 sampai Sabtu 22 Oktober 2022 dengan badai petir/petir yang dapat mengakibatkan angin kencang.

Jumat, 21 Oktober 2022

Daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Menyimpan. Riau

• Bengaluru

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/21/cuaca-hari-ini-bmkg-bibit-siklon-tropis-92b-terpantau-di-laut-andaman-jumat-21-oktober-2022