BUMN akan menjadi lokomotif agen pembangunan, BRI akan mendorong pertumbuhan domestik melalui UMKM. -->

Iklan

BUMN akan menjadi lokomotif agen pembangunan, BRI akan mendorong pertumbuhan domestik melalui UMKM.

Senin, Oktober 17, 2022

Dunia-Ilmu.com, BALI – Menteri BUMN Eric Tohir menjelaskan peran BUMN untuk terus menjadi agen pembangunan dengan tujuan menciptakan jutaan lapangan kerja.

Eric menyampaikan pada pembukaan Konferensi Internasional BUMN yang diselenggarakan di Bali (17/10/2022).

Eric mengatakan dalam sambutannya bahwa SOA didorong untuk melanjutkan transformasi dan pada saat yang sama menciptakan nilai bagi masyarakat dan memenuhi perannya sebagai agen pembangunan.

“Salah satu upaya untuk memenuhi peran agen pembangunan, kami memulai beberapa program seperti pembiayaan ultra mikro dan dengan menyelesaikan proyek strategis nasional lainnya, kami mampu menciptakan jutaan lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Eric.

Eric Tohir menjelaskan, ke depan BUMN akan terus menjalankan program-program yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Peran BUMN sebagai agen pembangunan di masyarakat berjalan seiring dengan transformasi BUMN. Dengan dua prioritas tersebut, kami yakin BUMN dapat semakin meningkatkan perannya sebagai lokomotif pembangunan Indonesia,” tambah Eric.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dicapai dengan fokus pada penggerak pertumbuhan lokal dan mendorong UMKM yang mendorong penciptaan lapangan kerja.

“Di sinilah seharusnya BRI berperan aktif, dimana bisnis utamanya adalah UMKM karena 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia berasal dari UMKM,” ujarnya.

Diharapkan jika penyaluran kredit BRI terus tumbuh akan berdampak positif bagi ketahanan perekonomian nasional.

“Saya katakan terus berkembang dalam konteks ini, apa artinya? Meskipun upaya kita untuk menekan inflasi itu penting, akan lebih baik jika kita menekan inflasi dan terus menumbuhkan ekonomi kita untuk mencegah inflasi dan pengangguran lebih lanjut, jelas Sunarso.

Holding Ultra Micro, salah satu upaya Kementerian BUMN untuk mewujudkan inklusi keuangan dan pemerataan ekonomi rakyat, mampu mencatatkan kinerja positif sejak berdiri setahun lalu.

Keberhasilan program Ultra Micro tercermin dari data bahwa hingga akhir Agustus 2022, jumlah pelanggan gabungan di tiga entitas Umi Holding adalah 23,5 juta pelanggan dengan total Rp 183,9 triliun. Ini telah menjangkau 23,5 juta pelanggan dengan memberikan dukungan keuangan yang unggul.

Pencapaian ini merupakan salah satu agenda prioritas Indonesia dalam Kepresidenan G20, yaitu inklusi keuangan, terutama terkait teknologi digital dan akses keuangan bagi UMKM.

Selain itu, BRI memproyeksikan dapat mengkomersialisasikan 1,8 juta nasabah kredit mikro pada tahun 2021 dan mencapai 2,2 juta nasabah pada tahun 2022.

Tidak hanya dari sisi keuangan, namun hingga Agustus 2022, integrasi layanan ketiga entitas atau kerjasama melalui gerai Smile telah mencapai 1.003 lokasi.

Target awal adalah 978 gerai Smile. Penabung baru Umi mencapai 6,85 juta dan target awal 3,3 juta. 40.121 nasabah PNM Mekaar bergabung sebagai agen Brilink.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/17/bumn-jadi-lokomotif-agen-pembangunan-bri-dorong-pertumbuhan-domestik-lewat-umkm