BI memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,3 persen pada 2022 -->

Iklan

BI memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,3 persen pada 2022

Jumat, Oktober 21, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Destri Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional pada 2022 mencapai 5,3%.

Menurut Destri, di antara yang sulit diprediksi dan Dana Moneter Internasional (IMF) sabar hingga 28 kondisi ekonomi global.

Dia menegaskan, pertumbuhan ekonomi nasional akan terus berlanjut dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen yang tercatat pada kuartal II.

“Alhamdulillah sejauh ini kita dalam posisi yang baik, dengan ekonomi kita tumbuh di atas 5 persen pada kuartal kedua kemarin,” kata Destri Damayanti saat peluncuran Survei Stabilitas Keuangan Volume 39. Jumat (21/10)/2022).

Baca juga: Cadin Net Zero Hub: Membuat Dekarbonisasi Industri Menjadi Kenyataan

“Kami juga memperkirakan ekonomi kita akan tumbuh 4,5-5,3 persen pada 2022,” lanjutnya.

Destri mengatakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II didorong oleh beberapa faktor. Dia mengatakan, pertumbuhan nilai investasi dan ekspor turut mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal II.

“Dari konsumsi, kami melihat investasi tumbuh. Kami melihat ekspor tumbuh signifikan, dan ini mendukung perbaikan atau perkembangan ekonomi kita,” katanya.

Destry menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia beragam dan memiliki daya dukung yang kuat. Hal ini akan memperkuat pemulihan ekonomi nasional.

“Kita juga memiliki ekonomi domestik yang kuat didukung oleh konsumsi masyarakat kita dan potensi ekonomi Indonesia yang tinggi,” kata Destry.

Namun, Destry mencatat kabar baik ini harus diikuti dengan kondisi ekonomi global yang belum stabil.

“Tentu saja kita harus mewaspadai apa yang terjadi di ekonomi global. Setiap gejolak atau volatilitas atau tekanan dalam ekonomi global setidaknya akan berdampak pada perekonomian kita,” katanya. .

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/10/21/bi-prediksi-sepanjang-tahun-2022-pertumbuhan-ekonomi-capai-53-persen