Alfin Habib mendukung aturan berpakaian tradisional dan karenanya perbedaan dalam seragam sekolah menengah pertama -->

Iklan

Alfin Habib mendukung aturan berpakaian tradisional dan karenanya perbedaan dalam seragam sekolah menengah pertama

Jumat, Oktober 28, 2022
featured image

Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Saifuman Alfin Habib, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiam Makarim, mengatakan mendukung keputusan seragam SMP terkait busana budaya.

Alfin yang baru-baru ini dijuluki Lord of the Malays, mengatakan pakaian adat merupakan salah satu upaya melestarikan budaya di zaman modern ini.

Alfin Habin mengatakan kepada media, Kamis (27/10/2022) “Saya sangat setuju, karena walaupun bisa dikatakan zaman sudah semakin maju dan modern, kita harus menghormati budaya.”

Putus dari ajang pencarian bakat Dangdut Academy 3 ini, ia merasa perlu mengenalkan budaya kepada anak-anak melalui pakaian adat.

“Seharusnya diperkenalkan sejak dini agar anak-anak kita lebih mengenal budaya asing daripada budaya mereka sendiri,” kata Alfin.

Menurutnya, pakaian adat tidak hanya digunakan dalam acara formal, namun dalam berbagai kesempatan, pakaian adat bisa dijadikan sebagai tren baru.

Baca juga: Aturan Seragam Sekolah Baru: Ada aturan berpakaian tradisional untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

Seperti dirinya, ia sering mengenakan kostum tradisional dalam setiap penampilannya di atas panggung.

“Itu (bisa baju sehari-hari) tapi mungkin tidak kita pakai semua ya, hanya beberapa ornamen saja yang bisa kita aplikasikan untuk kegiatan sehari-hari,” kata Alfin.

“Selama ini hanya Habib yang bekerja, dan adat melayu menggunakan pakaian bau,” lanjutnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/pendidikan/2022/10/28/alfin-habib-dukung-aturan-baju-adat-jadi-variasi-seragam-smp