8 Tips Kelola Uang agar Kaya Raya di Hari Tua -->

Iklan

8 Tips Kelola Uang agar Kaya Raya di Hari Tua

tulistulus
Kamis, Oktober 20, 2022

 

Gaya hidup yang semakin beragam dan biaya hidup yang semakin meningkat, terutama di kalangan anak muda, sangat rawan terhadap pemborosan. Oleh karena itu, diperlukan konsep seperti pengelolaan uang dan tabungan untuk menjadi pijakan dalam pengendalian keuangan bulanan.

Semakin cepat Anda mulai belajar bagaimana mengelola uang, semakin baik peluang Anda untuk sukses finansial.

Baca Juga: Penggunaan teknologi digital membantu mempercepat bisnis UMKM

Melansir laman entrepreneur, setidaknya ada 8 langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan finansial dan membangun kekayaan sebagai bekal hari tua.

1. Kontrol diri

Dewasa tidak hanya terbatas pada konteks mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang. Namun, tumbuh dewasa juga berarti belajar untuk berkompromi dan menguasai pengendalian diri. Orang tua biasanya mempraktekkan kebiasaan menabung pada anak sejak usia dini.

Ini adalah kebiasaan yang terbukti sangat berguna di masa dewasa mereka. Jadi belajarlah untuk memprioritaskan kebutuhan dasar yang lebih penting daripada kebutuhan sekunder seperti sepatu fashion terbaru atau gadget berteknologi tinggi.

2. Pintar-pintarlah dalam mengambil pinjaman

Hampir setiap orang membutuhkan pinjaman di beberapa titik dalam hidup mereka. Ketika Anda terpaksa membutuhkan uang ekstra, pastikan untuk tidak membayar terlalu banyak bunga atas pinjaman yang diambil.

Bank dan pemberi pinjaman online pasti menawarkan beberapa produk pinjaman yang umumnya memiliki perbedaan harga yang besar.

Baca juga: Saham pemasok komponen Apple turun setelah pengumuman pengurangan produksi

Oleh karena itu, lakukan perbandingan suku bunga pinjaman terlebih dahulu sebelum mengambil pinjaman agar lebih hemat. Gunakan situs perbandingan pinjaman online yang komprehensif untuk membandingkan tingkat pinjaman dan menemukan pinjaman terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Rekam Pengeluaran

Solusi paling jelas untuk pengelolaan uang yang efektif adalah melacak pengeluaran untuk mengetahui dengan tepat ke mana semua uang itu pergi. Hal pertama yang harus dilakukan segera setelah menerima gaji adalah menyiapkan rencana anggaran dan membagi pendapatan menjadi pengeluaran, tabungan, dan surplus.

Ada banyak aplikasi online yang dapat digunakan untuk menyimpan kwitansi, memantau pengeluaran, dan mengelola uang tunai dengan lebih baik. Coba kurangi biaya berulang dan pertahankan kebiasaan belanja minimum.

4. Buat Dana Darurat

Selanjutnya, buat dana darurat. Memulai dana darurat adalah salah satu keputusan paling cerdas yang dapat Anda buat. Tabungan memiliki metode bunga majemuk dimana semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan nantinya.

Dana darurat adalah bagian dari anggaran yang disisihkan sebagai tabungan dan digunakan hanya untuk keadaan darurat yang ekstrim. Dana ini berbeda dengan tabungan biasa, Anda tidak boleh menggunakan uang tersebut kecuali benar-benar diperlukan.

5. Memahami Pajak

Sangat penting untuk memahami bagaimana sistem pajak bekerja dan tahu persis di mana dan bagaimana uang hasil jerih payah rakyat digunakan oleh pemerintah. Misalnya, sebelum mendapatkan pekerjaan, pastikan untuk melihat braket pajak apa yang harus dibayar oleh setiap gaji bulanan.

Selain itu, pajak penghasilan adalah wajib dan merupakan bagian penting dari anggaran tahunan. Manfaatkan kalkulator pajak online yang membantu dan memudahkan pengguna menghitung pajak terutang tanpa ribet.

6. Rencana Kebutuhan Pensiun

Kehidupan pensiun akan terasa sangat panjang ketika Anda masih muda. Tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Perencanaan untuk masa depan adalah aspek penting dari manajemen keuangan yang harus dihadapi setiap orang. Sisihkan jumlah uang yang konsisten setiap bulan untuk hari tua yang nyaman.

7. Jaga kesehatanmu

Mendapatkan asuransi jiwa mungkin adalah hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan setiap orang dewasa. Karena kesehatan adalah prioritas utama.

Memiliki asuransi kesehatan mempersiapkan Anda untuk situasi medis darurat. Anda tidak pernah tahu penyakit atau kecelakaan apa yang akan Anda derita di masa depan, yang terbaik adalah bersiap untuk itu.

8. Kelola Kekayaan

Manajemen keuangan adalah keterampilan hidup yang diperlukan tetapi tidak diajarkan di sekolah dan universitas. Kebanyakan anak muda bingung mau ngapain dengan penghasilannya karena kurangnya perencanaan keuangan yang tepat.

Baca Juga: Ciptakan literasi digital untuk ekonomi yang kuat

Belajarlah untuk mengelola kekayaan dan menjaganya dengan cerdas agar Anda selalu siap jika terjadi situasi yang tidak terduga. Cara terbaik untuk melawan ketidakpastian masa depan adalah memastikan semua yang Anda miliki hari ini. Buatlah rencana untuk semua aset yang dimiliki termasuk berinvestasi lebih awal untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sumber Artikel: https://id.berita.yahoo.com/patut-ditiru-ini-8-tips-020000869.html