Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yen terus melemah terhadap dolar, terdepresiasi dengan cepat di pasar mata uang Jepang.

Laporan koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang.

Dunia-Ilmu.com, Tokyo – Nilai yen terus menurun pesat di pasar valuta asing hari ini Selasa (13/9/2022) dan terus melemah terhadap dolar AS. Pukul 144,99 pagi ini.

Mengapa yen jatuh hari ini?

Seorang analis pasar keuangan mengatakan nilai yen turun karena perbedaan kebijakan moneter antara Jepang dan Amerika Serikat.

“Alasan utamanya adalah perbedaan kebijakan moneter antara Jepang dan Amerika Serikat,” kata analis pasar keuangan dari Tribunnews.com, Selasa (13/9/2022).

Kesenjangan suku bunga antara Amerika Serikat dan Jepang semakin melebar.

Amerika Serikat memperketat kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga secara tajam untuk mengendalikan inflasi historis.

Sementara itu, Bank of Japan melanjutkan pelonggaran moneter skala besar untuk mendukung pemulihan ekonomi dari wabah virus corona baru.

“Pandangan bahwa posisi kebijakan kedua negara tidak akan berubah untuk saat ini menyebar di pasar, dan gerakan untuk menjual yen, yang menguntungkan untuk investasi berbunga tinggi, dan untuk membeli dolar menjadi aktif. Itu menyebabkan yen terdepresiasi dengan cepat,” jelasnya.

Apakah depresiasi yen positif bagi perekonomian Jepang?

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/09/13/nilai-yen-terdepresiasi-cepat-di-pasar-uang-jepang-terus-melemah-terhadap-dolar