Tingkatkan produksi chip di Hiroshima, Jepang Investasikan $320 juta dalam Teknologi Mikron -->

Iklan

Tingkatkan produksi chip di Hiroshima, Jepang Investasikan $320 juta dalam Teknologi Mikron

Jumat, September 30, 2022

Wartawan Tribunnews.com Namira Ionia Lestanti

Dunia-Ilmu.com, TOKYO – Kementerian Perindustrian Jepang telah mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk memberikan suntikan sebesar $320 juta kepada raksasa semikonduktor Amerika Micron Technology Inc.

Pendanaan ini diberikan untuk merangsang produksi chip memori dinamis (DRAM) 1-beta di pabrik Hiroshima selama krisis produksi semikonduktor global yang sedang berlangsung.

“Pengumuman penting hari ini oleh METI (Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri) dan Micron tentang investasi dan integrasi kedua ekonomi dan rantai pasokan produk semikonduktor,” kata Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel.

Baca juga: The American Union of Polemik dan Negara Produsen Chip Semikonduktor

Pengumuman tersebut disampaikan pada Jumat (30/9/2022) saat kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris, dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerja antara Tokyo dan Washington, khususnya di sektor semikonduktor.

Pemerintah Jepang menyuntikkan dana investasi untuk mempercepat produksi chip Hiroshima, karena negara itu menghadapi persaingan untuk chip buatan China di tengah meningkatnya ketegangan di industri teknologi.

Subsidi ini diberikan untuk meningkatkan pendapatan Micron, yang turun 20 persen menjadi $6,64 miliar dalam tiga bulan terakhir.

Selain berinvestasi dalam teknologi Micron, pemerintah Jepang juga menginvestasikan 92,9 miliar yen dana untuk perusahaan Amerika Western Digital Corporation.

dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., Ltd., pabrik chip dari Taipei, untuk meningkatkan produksi chip memori flash di pabrik Jepang.

Dengan langkah ini, pemerintah Jepang berharap chip buatan sendiri dapat kembali menguasai pasar chipset smartphone global, mengingat Jepang pernah menjadi pusat manufaktur semikonduktor terbesar di dunia.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/techno/2022/09/30/pacu-produksi-chip-di-hiroshima-jepang-suntikan-320-juta-dolar-as-pada-micron-technology