Terima Kunjungan Salim Segaf Al-Jufri Wapres Maruf: Perbedaan Jangan Jadi Halangan -->

Iklan

Terima Kunjungan Salim Segaf Al-Jufri Wapres Maruf: Perbedaan Jangan Jadi Halangan

Selasa, September 20, 2022

Jurnalis Tribunnews.com Fahdi Fahlevi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menerima dan berbicara dengan Ketua Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Salim Segaf Al-Jufri di kantor Wapres. Merdeka Utara No 15, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

Maruf Salim yang mengawali pertemuan tersebut mengucapkan selamat kepada Segaf Al-Jufri atas terpilihnya dirinya sebagai Ketua IUMS.

Baca juga: Wakil Presiden Maruf mengenang citra Azimamardi Azra sebagai akademi sekaliber dunia.

Juga memberikan arahan dan masukan yang menjadi acuan untuk memimpin organisasi global.

Maruf mengapresiasi keberadaan organisasi yang menjadi wadah berkumpulnya para cendekiawan dunia.

Meskipun mereka berasal dari negara dan organisasi yang berbeda, mereka dapat bekerja sama dalam isu-isu dasar seperti perdamaian dunia.

“Meskipun berbeda organisasi memiliki pola pikir yang sama, terutama dalam rangka mensosialisasikan Wasatiya Islam, saya berharap terciptanya perdamaian umat manusia, ukuwah (persaudaraan) tidak akan menjadi masalah yang tidak mengarah pada kesetaraan,” ujarnya. Maruf dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/9/2022).

Baca juga: Wakil Presiden Marouf Amin: Media sosial harus digunakan untuk menciptakan manfaat sosial.

Wakil Presiden Salim Segaf al-Jufri selaku pimpinan organisasi yang membawahi 88 negara itu berharap bisa menjadi jembatan jika terjadi perbedaan pendapat di antara para ulama.

“Sungguh, bagaimana mendamaikan perbedaan antara ulama sekarang. Salim b [organisasi] Bahkan jika mereka tidak bergabung, jembatan ini bisa, tapi [pemikiran] Ulamanya sama,” kata Maruf.

Saat ini, menurut Pak Maruf, sebuah negara tidak bisa berdiri sendiri.

Menurut Pak Maruf, kerja sama dan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dan melangkah maju.

“Sekarang setiap negara harus bekerja sama. [Presidensi] G20 Indonesia ingin maju bersama dan bangkit bersama, khususnya bagi sesama kita umat Islam, Ukuwah adalah suatu keharusan, walaupun ada perbedaan jangan menjadi halangan, kata Maruf.

Baca juga: Wakil Presiden Maruf Amin mendorong pertanian hidroponik modern untuk mengurangi risiko gagal panen.

Wapres menilai bangsa Indonesia dapat menjadi contoh bagaimana ulama dari berbagai organisasi dapat bekerja di bawah payung yang sama dalam kerangka kerukunan umat beragama.

“Kami beruntung Majelis Ulama Indonesia (MUI) bisa mengumpulkan mereka semua. Bagaimana organisasi yang berbeda ini bisa bersatu. Luar biasa. MUI menampung ulama yang berbeda dari organisasi yang berbeda,” katanya.

Juga, Ketua IUMS M. Syauqi H. Tawarkan untuk menemani Abdul Aziz dan Raziq. Sementara itu, Wapres dihadiri Sekjen Wapres Ahmed Irani Ustika, Deputi Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Spesialis Wapres Masduki Baidloui dan Masikuri Abdillah.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/09/20/terima-kunjungan-salim-segaf-al-jufri-wapres-maruf-perbedaan-tak-boleh-jadi-penghalang