Siswa SMK Al Huda Ke Diri Sukses Rancang Teknologi Kacamata IoT untuk Tunanetra -->

Iklan

Siswa SMK Al Huda Ke Diri Sukses Rancang Teknologi Kacamata IoT untuk Tunanetra

Selasa, September 20, 2022

Wartawan Tribunnews.com Echo Sutriyanto

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Sejumlah siswa SMK Al Huda berhasil merancang kacamata berteknologi tinggi untuk mendukung pergerakan penyandang tunanetra di kota Kediri, Jawa Timur.

Kacamata ini dilengkapi dengan sensor ultrasound, GPS, kamera dan speaker, yang dapat memberikan perintah belokan demi belokan kepada penyandang tunanetra berdasarkan informasi dari sensor.

“Proyek IoT ini kami rancang untuk membantu tunanetra agar mudah bergerak,” kata Dafa Eka Sujianto, perwakilan SMK Al Huda Kota Qadiri, dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

Perancangan kacamata ini merupakan bagian dari program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021/2022 yang telah memasuki tahap bootcamp pengembangan produk IoT untuk memberdayakan mahasiswa menjadi developer IoT yang terampil.

Banyak tantangan yang dihadapi Dafa saat mengerjakan proyek terjadi pada tahap perakitan perangkat keras, karena beberapa perangkat keras tidak mendukung atau tidak tersedia.

“Ada juga beberapa sensor yang tidak bisa menangkap sinyal, seperti sensor GPS, jadi harus beli perangkat baru,” katanya.

Sementara itu, SMK Muhammad 7 Gondanglegi Malang menawarkan produk IoT berupa akuarium pintar bernama AquaThings.

AquaThings dirancang untuk memudahkan mengontrol akuarium ikan hias dengan smartphone.

Baca juga: Cara mudah membuat kacamata gerhana matahari sendiri dengan alat dan bahan sederhana

“Solusi ini didasarkan pada tiga fitur utama, yaitu IoT untuk mengontrol kadar PH air, IoT untuk memberi makan ikan dan IoT untuk mengontrol cahaya bawah air,” kata Ardika Purna, SMK Muhammadiyah 7 Gondanggi Malang mewakili teman-temannya.

Ardika harus menghadapi banyak tantangan dalam bab ini, yaitu mereka harus menggunakan bahasa pemrograman yang sama sekali baru dari apa yang telah mereka pelajari.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/pendidikan/2022/09/20/siswa-smk-al-huda-kediri-sukses-rancang-teknologi-kacamata-iot-untuk-tuna-netra