Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seorang siswa Jepang mengembangkan bisnis lipstik alami selama 3 tahun saat duduk di bangku SMA di Bali.

Laporan koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang.

Dunia-Ilmu.com, Tokyo – Tsuyuki Shiina (21), mahasiswa Jepang yang berhasil mengembangkan dan menjual lipstik natural.

“Saya mencintai alam sejak kecil. Ibu saya mengizinkan saya pergi ke Bali, belajar di sekolah hijau di sana selama 3 tahun. Saya kembali ke Jepang pada 2019 dan langsung masuk Universitas Keio,” kata Tsuyuki Shiina. Tribunnews.comRabu (21/9/2022).

Dari tahun 2016 hingga 2019, di sebuah sekolah menengah di Bali, Tsuyuku Shiina melakukan penelitian pembuatan lipstik alami dengan bahan-bahan alami dari Bali.

Ia akan dibantu oleh gurunya Rahyu.

Baca juga: Karena dimulainya aktivitas kantor biasa, biaya kosmetik di Amerika meningkat.

“Sama sekali tidak ada bahan kimia, semua penelitian sudah saya lakukan dan siapkan sendiri bersama Bu Rahyu dan orang lain yang sudah sangat baik membantu saya dalam penelitian,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan dana pengembangan penelitian?

“Saya meminjam 80% tanpa bunga dari sekolah sampai 20% dibebaskan. Setelah saya lulus dari sekolah di Bali, saya mengembalikan semua uang pinjaman ke sekolah. Totalnya sekitar 100.000 yen,” jelasnya.

Sheena, di sisi lain, mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya pinjaman diberikan kepada seorang siswa di sekolahnya.

“Saya terkejut semua orang mendapatkan pinjaman karena tidak pernah ada dan hadiah itu diberikan kepada saya oleh seorang pria Jepang. Dia meminjam karena dia percaya bahwa itu mungkin untuk mengembalikannya. Dan banyak yang terkejut ketika saya mengembalikan pinjaman itu. Mereka berterima kasih kepada saya karena telah menepati janji saya untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu.Kepercayaan ini sangat penting dan harus dijaga dengan baik.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/09/22/mahasiswi-asal-jepang-kembangkan-bisnis-lipstik-alami-riset-3-tahun-saat-bersekolah-sma-di-bali