Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puan diyakini telah mendatangkan DPD untuk membantu pemerintah mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Denny

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Soal ESG dan pembangunan berkelanjutan, National Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia, survei Stella Septania Faronica menilai DPR RI akan membantu pemerintah mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Apalagi Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin perwakilan rakyat untuk mewujudkan SDGs yang saat ini menjadi fokus dan agenda dunia, kata Stella.

Dalam keterangannya, Sabtu (17/9/2022), “DPR memiliki peran yang sangat penting dalam upaya dan pembangunan berkelanjutan Indonesia dalam fungsi legislasi, anggaran, dan regulasi.”

Dalam laporan International Non-Governmental Organizations Forum on the Development of Indonesia, diketahui bahwa SDGs Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam pencapaian kesetaraan gender (SDGs No. 5) dan pendidikan berkualitas (SDGs No. 4).

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kualitas pendidikan semakin meningkat dari waktu ke waktu, memperoleh 46 persen poin, sedangkan kesetaraan gender sudah mencapai 45 persen poin,” ujarnya.

Menurut Stella, tentunya skor dan kemajuan SDGs Indonesia tidak lepas dari alokasi APBN minimal 20 persen untuk sektor pendidikan yang melahirkan berbagai undang-undang kesetaraan gender dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satunya, DPR berhasil membentuk payung hukum bagi korban kekerasan seksual melalui Undang-Undang Nomor 12 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) tahun 2022.

Baca juga: Menteri Dalam Negeri mengizinkan pemindahan staf kepala daerah, anggota DPRD. Berbahaya!

“Di bawah kepemimpinan Puan Maharani, DPR bersama pemerintah mengesahkan UU TPKS yang sudah bertahun-tahun ditunggu-tunggu rakyat,” katanya.

Stella memuji Puan karena menunjukkan kepada dunia bahwa UU TPKS adalah anugerah bagi perempuan Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, dan bahwa Indonesia serius dengan kesetaraan gender.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/09/18/puan-dinilai-bawa-dpr-terus-bekerja-bantu-pemerintah-capai-tujuan-pembangunan-berkelanjutan