Pejabat Jokowi suka jalan-jalan ke luar negeri: itu terlihat di Instagram -->

Iklan

Pejabat Jokowi suka jalan-jalan ke luar negeri: itu terlihat di Instagram

Jumat, September 30, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkejut dengan banyaknya warga negara Indonesia yang memilih bepergian ke luar negeri.

Namun, dunia saat ini sedang menghadapi krisis ekonomi. Jokowi mengolok-olok pejabat yang suka bepergian ke luar negeri dan kemudian memuji mereka di media sosial. Padahal, Jokowi, kondisi ekonomi sedang bergejolak.

Jokowi mengatakan kepada seluruh kepala negara di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022) “Mengapa orang-orang dalam krisis global tumpah ruah, terlihat di Instagram, apalagi pejabat.”

Baca juga: Presiden Jokowi: Jangan sampai dana APBN dan APBD beli produk impor

Jokowi menjelaskan bagaimana dia menghindari bepergian ke luar negeri. Dia mencontohkan dirinya bisa mendapatkan puluhan undangan ke luar negeri dalam setahun, namun mengingat manfaatnya, tidak semuanya diambil.

Apalagi, setiap kali Anda pergi ke luar negeri, pihak berwenang harus membayar biaya. Menurut Jokowi, pihak berwenang harus membatasi diri dalam situasi seperti ini.

“Saya mengerem. Apakah ini ada manfaat nyata? Karena uang dikeluarkan untuk hal-hal seperti itu. Kami memberitahu orang-orang untuk menggunakannya untuk pariwisata dalam negeri,” katanya.

Jokowi meyakini jika ingin bepergian dalam situasi sulit saat ini, sebaiknya hanya bepergian di dalam negeri. Dengan cara ini, ada perubahan ekonomi bagi penduduk setempat. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah. Mulai dari Bali, Labuan Bajo, Borobudur, hingga Wakatobi.

Jokowi kemudian memperingatkan pihak berwenang tentang potensi defisit di sektor pariwisata. Ia melihat adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke negara lain.

Baca juga: Jokowi, terjebak dalam resesi global: Kita tidak tahu badai seperti apa.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke luar negeri lebih banyak dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke luar negeri. Dia meminta otoritas negara untuk mengajak warganya memilih wisata dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

“Banyak (wisman) belum datang ke sini, banyak yang pergi. Hati-hati, kalau kita tidak mengerem, mata uang asing kita bisa keluar lagi. Gubernur, walikota, ajak orang berwisata ke Tanah Air,” kata Jokowi.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/09/30/jokowi-sindir-pejabat-suka-plesiran-ke-luar-negeri-dipamer-pamerin-di-instagram