KSP: Pemerintah akan memastikan kapasitas energi untuk masyarakat akar rumput -->

Iklan

KSP: Pemerintah akan memastikan kapasitas energi untuk masyarakat akar rumput

Rabu, September 21, 2022

Wartawan Berita Tribune Tawfiq Ismail

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menurut Kepala Ahli Kantor Staf Kepresidenan, Hageng Nugroho, minimnya aliran listrik dan transmisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan daya 450 Volt Ampere (VA) merupakan bukti nyata keterkaitan badan pemerintah dengan pemerintah. Orang kecil.

Menurut Pak Hageng, pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan sumber energi yang berkeadilan.

Hal ini dilakukan dengan selalu menjamin ketersediaan dan keterjangkauan energi bagi masyarakat, terutama yang termasuk dalam kategori menengah ke bawah.

Pada Rabu (21/9/2022) di Gedung Bina Graha, Jakarta, ia mengatakan, “Masyarakat tidak perlu khawatir karena pemerintah akan selalu menjamin akses listrik yang andal dan terjangkau untuk mewujudkan pemerataan kekuasaan.”

Baca juga: Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, PLN Batam akan membangun jaringan listrik bawah tanah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah tidak membatalkan dan tidak akan mengganti ruang pelanggan listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA).

Menurut presiden, pemerintah tidak berencana mengeluarkan peraturan terkait masalah ini.

Bahkan, subsidi pemerintah masih diberikan kepada masyarakat yang menggunakan listrik 450 VA.

Sebagai informasi, PT PLN (Persero) menyesuaikan tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga nonsubsidi 3.500 VA ke atas. Hal ini tertuang dalam surat Menteri ESDM no. T-162/TL.04/MEM.L/2022 tanggal 2 Juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (periode Juli sd September 2022).

Baca juga: Untuk mendukung percepatan penggunaan mobil listrik, PLN akan mengembangkan sistem untuk mengurangi pengisian baterai

Dikutip dari siaran pers PT PLN (Persero), pelanggan domestik dengan daya di bawah 3.500 VA, bisnis dan industri, tidak mengubah tarif.

Tujuan dari penyesuaian tarif ini adalah untuk memastikan terwujudnya tarif listrik yang adil dimana kompensasi dibayarkan kepada masyarakat yang berhak.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/09/21/ksp-pemerintah-pastikan-keterjangkauan-energi-bagi-masyarakat-bawah