KPU tetap tegaskan Partai Republik Satu meski Ketua Umum Hasnani Work tersangka perempuan -->

Iklan

KPU tetap tegaskan Partai Republik Satu meski Ketua Umum Hasnani Work tersangka perempuan

Minggu, September 25, 2022
KPU tetap tegaskan Partai Republik Satu meski Ketua Umum Hasnani Work tersangka perempuan

Wartawan Tribune News Mario Christian Sumampu

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) masih melakukan proses verifikasi berkas pendaftaran Partai Republik.

Meski Ketua Umum Partai Republik Satu Hasnani, atau Nyonya Emas, kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi, anggota KPU RI Idham Holik, Partai Republik diberi kesempatan untuk menyiapkan dokumen pendaftaran tanpa pengecualian (BMS) dan mengganti dokumen pendaftaran tanpa pengecualian (TMS).

“Dalam rangka verifikasi administrasi, keputusan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di tingkat pusat tentang kepengurusan partai politik tetap sah, selama KPU telah menyatakan memenuhi persyaratan (MS),” dia berkata. Anggota KPU RI Idham Holik, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Hasnani Perempuan Emas Diduga Korupsi, Bagaimana Nasib Partai Republik Satu di Pemilu 2024?

“Jika tidak ada putusan pengadilan yang menyatakan bahwa salah satu pengurus dalam putusan tersebut telah dicabut, maka pengurus tersebut dinyatakan tidak cakap,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Partai Republik Satu telah didaftarkan oleh KPU RI sebagai bakal calon pada pemilihan umum 2024 pada 14 Agustus 2022.

Baru-baru ini, Partai Republik KPU RI mengumumkan telah masuk dalam daftar 24 parpol yang berkasnya telah dilengkapi dan berhak mendapat pengukuhan administratif.

Kini tahapan telah bergeser dari verifikasi manajemen ke perbaikan manajemen.

Idham (25/9/2022) mengatakan, “Dari 2 Agustus hingga 9 September 2022, sebagai salah satu dari 24 partai politik terdaftar yang dokumennya telah diverifikasi oleh pemerintah.”

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/09/25/kpu-tetap-verifikasi-partai-republik-satu-meski-ketua-umumnya-hasnaeni-wanita-emas-jadi-tersangka