Kementerian Kesehatan Ia berencana untuk mengidentifikasi 90 persen pasien TB pada tahun 2024. -->

Iklan

Kementerian Kesehatan Ia berencana untuk mengidentifikasi 90 persen pasien TB pada tahun 2024.

Senin, September 12, 2022

Wartawan Tribunnews.com Rina Ayu

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan RI (KMENX) memprioritaskan deteksi kasus tuberkulosis (TB) hingga 90 persen pada 2024.

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, ada 824 ribu pasien TB di Indonesia.

Baca juga: Menko PMK: Banyak TKI Pulang Karena TBC

“Saya minta 90 persen kasus harus ditangani dengan nama pada tahun 2024. Sekarang kita membutuhkan strategi pengawasan yang baik dan akurat,” kata Menteri Kesehatan Budi dalam pidato virtual pada Indonesia International Tuberculosis Meeting (INA TIME) 2022 yang diadakan akhir pekan lalu. di Bali.

Upaya pemantauan meliputi pengembangan protokol baru, kerjasama dengan berbagai asosiasi dan organisasi profesi. Termasuk mendorong dana Global Fund diproses lebih cepat.

Menkes menambahkan, “Prinsip penyakit menular adalah kita perlu tahu di mana mereka berada dan menyembuhkannya. Ini adalah tugas pertama dan terpenting.”

Selain itu, penting untuk segera mengidentifikasi jenis bakteri TB yang menginfeksi seseorang untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut. Ini dapat dilakukan dengan alat pengurutan genom yang terus dikembangkan.

Baca juga: Kenali gejala TBC pada anak, jangan remehkan batuk dan demam yang sering terjadi lebih dari 2 minggu.

Dalam waktu dekat akan dilakukan pilot project mobile genome sequencing, kini telah ditemukan genome sequencer baru seukuran handphone, sehingga identifikasi varian bakteri dapat dilakukan dengan cepat dan pasien dapat diberikan langsung. Obat yang tepat.

“Oleh karena itu, kami bisa memberikan paket pengobatan yang tepat untuk pasien,” kata Menkes Budi.

Tuberkulosis adalah penyakit paling mematikan di dunia

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/09/12/kemenkes-targetkan-90-persen-penderita-tbc-terdeteksi-saat-2024