Kapan sebaiknya Anda berhenti menggunakan perawatan kulit jika hasilnya tidak sesuai harapan? -->

Iklan

Kapan sebaiknya Anda berhenti menggunakan perawatan kulit jika hasilnya tidak sesuai harapan?

Selasa, September 27, 2022

Koresponden Tribunnews.com, Aisyah Nursiamsi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Setiap kali saya mencoba perawatan kulit, saya merasa khawatir apakah produk tersebut cocok untuk kulit saya atau tidak.

Terkadang, penggunaan pertama pada kulit tiba-tiba menimbulkan rasa tidak nyaman.

Lantas kapan sebaiknya Anda menghentikan perawatan kulit jika hasilnya tidak sesuai harapan?

Hal ini dijawab oleh dokter kulit dr Andina Bulan Sari, SpKK.

Di Jakarta Selatan, Selasa (27/9/2022) “Sebenarnya jika suatu produk muncul lebih baik dalam satu hingga dua minggu. Tidak ada efeknya atau tidak. Itu menimbulkan gejala alergi, iritasi atau tidak,” katanya.

Namun, ada juga yang memiliki kulit yang tidak langsung bereaksi saat pertama kali mengaplikasikan produk baru.

Baca juga: Seberapa penting perawatan kulit untuk kesehatan kulit? Hasil Penelitian: Banyak yang menganggapnya sebagai investasi.

Kalau ada yang seperti itu, dr Andina ini tandanya, produk tersebut tidak cocok untuk kulit.

Namun ia menekankan untuk melihat kembali jenis produknya.

“Kalau produknya eksfoliasi, misalnya krim malam, asam retinol, meski kulitnya tidak sensitif, terkadang ada kasus adaptasi pada orang yang belum pernah menggunakannya,” tambah dr Andina.

Seringkali saat menggunakan produk baru, pembersihan terjadi. Ini adalah istilah yang umum digunakan ketika reaksi yang tidak menyenangkan terjadi di wajah.

“Jadi kadar asam retinolnya sangat tinggi, jadi saat pertama kali pakai agak gatal, merah dan iritasi. Kalau ini terjadi, gejalanya akan berlanjut atau tidak, biasanya kita akan melihat gejalanya dalam satu sampai dua minggu. ,” jelasnya lagi.

Biasanya disarankan untuk menggunakan konsentrasi rendah. Atau, gunakan sedikit demi sedikit. Gunakan lapisan tipis, atau gunakan setiap dua jam di malam hari, lalu cuci.

“Kalau dipakai seperti itu tetap tidak muat, berarti produk tidak bisa dipakai. Kova pakai opsi lain,” tutupnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/lifestyle/2022/09/27/kapan-berhenti-gunakan-skincare-ketika-efeknya-tak-sesuai-ekspektasi