Hasil Kompendium Bali Penguatan UKM, Kamar Dagang dan Industri Indonesia: Siap Mendukung. -->

Iklan

Hasil Kompendium Bali Penguatan UKM, Kamar Dagang dan Industri Indonesia: Siap Mendukung.

Jumat, September 30, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, sangat antusias dengan poin Bali Compendium tentang peningkatan kemitraan antara investor dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurutnya, UKM merupakan tulang punggung perekonomian di negara berkembang termasuk Indonesia.

Arsjad Rasjid mengatakan dalam siaran persnya, Kamis (29/9/2010) “Indonesia memiliki basis ekonomi nasional yang kuat, karena jumlah UKM, terutama usaha kecil, sangat besar dan jumlah tenaga kerja sangat besar.” 2022)

Baca juga: Dukung UKM, penyaluran KUR Bank Sumut meningkat 29 persen menjadi Rp 3,8 triliun.

Arsjad Rasjid juga menjelaskan bahwa UKM merupakan pilar terpenting dalam struktur perekonomian Indonesia.

Di tahun Pada 2021, mengutip data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dihasilkan 64,2 juta dolar AS yang berkontribusi 61,07 persen terhadap produk domestik bruto atau 8.573,89 triliun rupiah.

Selain itu, UKM menyediakan lapangan kerja bagi 97 persen dari total angkatan kerja atau sekitar 117 juta pekerja, dimana 64,5 persennya adalah perempuan.

Oleh karena itu, menurut dia, data menunjukkan bahwa UMKM sangat penting untuk menopang perekonomian mayoritas penduduk Indonesia.

“Jadi kalau UMKM kuat, basis ekonomi kita juga kuat,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia itu.

Menurut Arsjad Rasjid, Bali Compendium merupakan angin segar bagi UMKM agar bisa menjadi master di dalam negeri dan berbicara di kancah internasional.

Sementara itu, yang perlu dilakukan untuk mendukung inisiatif tersebut antara lain mempersiapkan UMKM untuk bersaing di pentas global.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/09/30/hasil-kompendium-bali-penguatan-umkm-kadin-indonesia-kami-siap-dukung