Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berlian menuai polemik mahkota Ratu Elizabeth II, Afrika menuntut kembalinya Kerajaan Inggris.

Wartawan Tribunnews.com Namira Ionia Lestanti

Dunia-Ilmu.com, CAPE TOWN – Orang-orang Afrika Selatan telah menuntut agar Raja Inggris mengembalikan Berlian Bintang Besar, yang saat ini berada di mahkota dan tongkat kerajaan Ratu Elizabeth II.

Berlian, yang dikenal sebagai Bintang Besar Afrika atau Cullinan 1, baru-baru ini memicu perdebatan besar antara Afrika Selatan dan kerajaan Inggris setelah kematian Ratu Inggris pada 8 September.

Dengan berat 3.106 karat, berlian terbesar di dunia awalnya dibeli pada tahun 1907 oleh Pemerintah Transvaal Afrika Selatan, karena Afrika Selatan saat itu berada di bawah kekuasaan Inggris.

Baca juga: Pangeran Harry mengenakan seragam militer saat menunggu peti mati Ratu Elizabeth II

Dengan demikian memberi penghormatan kepada raja Inggris saat itu, Raja Edward VII, untuk kerajaan Afrika.

Kemudian berlian itu diberikan sebagai hadiah kepada otoritas Inggris, seperti dikutip dari CNN International, Minggu (18/9/2022).

Seiring waktu, nugget berlian dipotong menjadi 9 bagian, berlian merah muda terbesar ditempatkan di ujung tongkat kerajaan Ratu Elizabeth II, dan potongan Cullinan II lainnya ditempatkan di mahkota yang dikenakan oleh raja Inggris.

“Berlian Cullinan diberikan kepada Raja Edward VII (saat itu Raja Inggris) pada tahun 1907, dua tahun setelah ditemukan di sebuah tambang pribadi di Afrika Selatan. Royal Collection Trust, yang mengawasi koleksi kerajaan keluarga kerajaan Inggris, mengatakan.

Namun tak lama setelah kematian Ratu Elizabeth II, lebih dari 6.000 orang di Afrika Selatan menandatangani petisi untuk menampilkan berlian langka di museum Afrika Selatan, meminta raja Inggris untuk mengembalikan Bintang Besar.

Meski kepemilikan bintang terbesar Afrika dan batu berharga lainnya dari negara itu masih diperdebatkan, orang Afrika Selatan percaya bahwa berlian adalah warisan leluhur mereka.

Baca juga: Lebih dari 100 bioskop Inggris untuk menonton pemakaman Ratu Elizabeth II

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/09/18/berlian-di-mahkota-ratu-elizabeth-ii-tuai-polemik-afrika-minta-kerajaan-inggris-untuk-mengembalikan